Home » » Armada Rusak, Sampah Bertaburan di Bahu Jalan Kota Bulukumba

Armada Rusak, Sampah Bertaburan di Bahu Jalan Kota Bulukumba

MACCANEWS -- Kabupaten Bulukumba salah satu kabupaten peraih penghargaan piala Adipura tahun 2016 ini, artinya sektor kebersihan kotanya tidak diragukan lagi.

Namun faktanya, disalah satu sudut kota Bulukumba terlihat masih ada sampah yang belum terangkut, bahkan sampahnya meluber hingga ke bahu jalan.

Seperti yang terekam kamera di jalan samping RSUD HA. Sulthan Dg Radja atau persis didepan studio Cempaka Asri, Kamis (20/10/2016), tumpukan sampah tersebut belum juga diangkut.

Kepala Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya, Drs. Pasakai. M.Si yang dihubungi di ruang kerjanya mengaku, sampah tersebut belum diangkut karena armada yang mengangkut sampah di jalur itu, masih dalam perbaikan di bengkel.

Meski begitu menurutnya, persoalan sampah ini, sebagian dikelola dimasing-masing kelurahan dalam kota.

"Kelurahan sudah kita berikan armada pengangkut sampah berupa sepeda motor, gunanya motor sampah ini bertanggung jawab mengangkut sampah ke tempat penampungan sementara, (TPS) selanjutnya diangkut dengan armada mobil ke tempat pembuangan akhir (TPA)," jelasnya.

Kemudian masih kata Pasakai, pengelolaan sampah ini, sebenarnya bukan semata mata tanggung jawab Subdin Kebersihan, tetapi diharapkan masyarakat ikut terlibat dalam hal sampah. Misalnya membuang atau menyimpan sampahnya pada TPS terdekat.

"Saya kira persoalan sampah ini, adalah persoalan kita semua, apalagi di kantor kami petugas kebersihan masih terbatas. Namun bukan berarti kami menutup mata, Insya Allah sampah yang belum terangkut, akan kami upayakan angkut ke TPA,"  tandasnya. (Aso/Jn)