Home » » Kemenag Soppeng Gelar Penyuluhan peningkatan Pemahaman Keagamaan

Kemenag Soppeng Gelar Penyuluhan peningkatan Pemahaman Keagamaan

MACCANEWS -- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Soppeng melalui Seksi Bimas Islam, Selasa lalu di Aula Kantor Urusan Agama Kecamatan Marioriwawo menggelar penyuluhan tentang peningkatan pemahaman keagamaan dan aliran kerohanian, setelah sebelumnya kegiatan yang sama juga telah dilaksanakan di Kantor Urusan Agama Kecamatan Liliriaja, Lilirilau, Ganra dan Donri-Donri.

Kepala kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Marioriwawo Dr Andi Muhammad Akmal S.Ag, M.Hi dalam mengantar acara tersebut menyebutkan perlunya dilakukan pembinaan secara terus menerus terhadap umat beragama.

Hal tersebut dilakukan agar masyarakat mengetahui sepenuhnya ajaran islam sehingga tidak mudah terpengaruh dan terprovokasi dengan banyaknya paham dan aliran yang bisa menyesatkan serta  merusak aqidah.

Pada kesempatan tersebut Andi Muhammad Akmal juga melaporkan, kegiatan penyuluhan  diikuti sebanyak 35 peserta yang terdiri dari penyuluh agama islam honorer dan Imam Masjid se-Kecamatan Marioriwawo.

Kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Soppeng Dr H Huzaemah Rauf, M.Ag, pada kesempatan itu memotivasi peserta agar terus menambah wawasan keagamaan sebagai benteng aqidah, jangan pernah bosan untuk mengikuti kegiatan seperti ini, karena menurut Huzaemah melalui kegiatan seperti ini kita bisa sharing informasi terkait permasalahan yang dihadapi ditengah tengah msyarakat.

Dikatakan, Kementerian agama telah melakukan berbagai upaya untuk memberikan pembinaan keagamaan kepada masyarakat untuk menangkal paham radikalisme, baik pada jam kerja maupun setelahnya seperti kegiatan Magrib Mengaji yang dikoordinir oleh setiap KUA Kecamatan Apalagi pemerintah Kabupaten Soppeng bekerjasama dengan Kemenag telah meluncurkan kegiatan Safari Subuh yang bisa dijadikan sebagai sarana pembinaan dan syiar agama kepada masyarakat luas.

Huzaemah Rauf menegaskan, organisasi dan aliran itu berbeda, Dijelaskan aliran keagamaan adalah suatu kelompok yang mengatasnamakan agama islam, namun ada penyimpangan dan pelencengan aqidah didalamnya, sementara organisasi keagamaan adalah kelompok yang terstruktur dan mempunyai Visi dan Misi meninggikan agama serta diakui oleh Pemerintah.

Humas Kantor Kemenag Soppeng Andi Faturrahman kepada Maccanews com menjelaskan, tampil sebagai narasumber pada kegiatan penyuluhan ini Kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Soppeng Dr H Huzaemah Rauf, M.Ag dan kepala Seksi Bimas Islam H Ambo Acok iskandar, S.Ag, M.Ag. (R15/Jn)