Home » » Mahasiswa Luwu Desak Wali Kota Danny Jadikan Andi Djemma Nama Jalan

Mahasiswa Luwu Desak Wali Kota Danny Jadikan Andi Djemma Nama Jalan


MACCANEWS - Mahasiswa Luwu yang tergabung dalam Aliansi Pelajar dan Pemuda Luwu gabungan dari berbagai organisasi kepemudaan mendesak Wali Kota Makassar segera merealisasikan perubahan nama salah satu jalan di kota Makassar menjadi nama tokoh pejuang asal Luwu, Andi Djemma Datu Luwu.

Desakan itu disampaikan saat bertemu Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto di Rumah Jabatan Wali Kota Makassar, Minggu, 23 Oktober 2016.

"Andi Djemma Datu Luwu adalah sosok pejuang yang di masa pemerintahannya sebagai raja Luwu memproklamirkan kerajaan Luwu sebagai bagian dari wilayah negara Republik Indonesia," kata Ketua Aliansi Pelajar dan Pemuda Luwu Andi Ikra Rahman.

Selain itu, sosok Andi Djemma Datu Luwu, tokoh yang di awal kemerdekaan memprakarsai pertemuan raja se - Sulawesi Selatan untuk menentang penjajah Belanda yang kembali ingin berkuasa pasca diproklamasikannya kemerdekaan Indonesia.

Ia juga menjadi tokoh yang mendorong raja se - Sulawesi Selatan mendukung kemerdekaan dan mempertahankan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).

Sikap membangkangnya terhadap pemerintah kolonial Belanda melahirkan Perlawanan Semesta Rakyat Luwu pada 23 Januari 1946 silam. Meski istana Datu Luwu diserbu dan dikuasai oleh penjajah Belanda tidak menyurutkan semangat juang Andi Djemma. Ia melanjutkan perjuangannya melawan Belanda dengan taktik perang gerilya hingga akhirnya tertangkap dan diasingkan.

"Nama Andi Djemma sangat tepat diabadikan dalam nama salah satu jalan di kota Makassar. Kami sangat menghargai aspirasi dari Aliansi Pelajar dan Pemuda Luwu. Pemerintah kota serius menindaklanjuti aspirasi ini," kata Wali Kota Danny.

Sejumlah langkah telah ditempuh oleh Wali Kota Danny untuk segera merealisasikan perubahan sejumlah nama jalan di kota Makassar menjadi nama presiden, dan nama pahlawan ataupun tokoh pejuang di Sulawesi Selatan.

Membangun komunikasi dengan DPRD kota Makassar dan keluarga dari mendiang Presiden II RI Soeharto telah ditempuh oleh Wali Kota Danny. Selain mengubah beberapa nama jalan, penataan nomor rumah dan bangunan juga bakal dilakukan.

Beberapa lembaga kemahasiswaan dari Luwu yang bertemu Wali Kota Danny diantaranya PB IPMIL Raya, PP IPMIL Luwu, PP IPMA Lutim, PP IPMIL Palopo Kota, PP Pemilar (Persatuan Mahasiswa Luwu Utara), PP IKPM Walmas (Walenrang Lamasi). (*/mar)