Home » » Musim Hujan Tiba, Waspada Penyakit DBD

Musim Hujan Tiba, Waspada Penyakit DBD

MACCANEWS -- Memasuki musim penghujan, bukan hanya bahaya banjir yang mengancam, tetapi bahaya berbagai penyakit perlu diwaspadai, sehingga masyarakat harus peka mencermati cuaca saat ini.

Salah satu bahaya penyakit yang perlu diwaspadai khususnya pada musim hujan adalah penyakit demam berdarah dengue (DBD), termasuk di Bulukumba.

dr. H. Abdurrajab, sekertaris RSUD HA. Sulthan Dg Radja kepada Maccanews.com menyatakan, sejak beberapa hari terakhir, kota Bulukumba dan sekitarnya sudah sering diguyur hujan.Arinya menyikapi kondisi tersebut, masyarakat dihimbau agar mewaspadao penyakit DBD, karena penyakit DBD ini biasanya berjangkit pada awal musim hujan.

Seperti pada Periode Januari Hingga April, penderita DBD meningkat, kemudian bulan Mei hingga Agustus atau awal September mulai berkurang bahkan hampir tidak ditemukan.

Dan memasuki musim hujan di bulan Oktober, masyarakat perlu lebih waspada, karena biasanya Oktober hujan mulai turun, meski belum merata, nyamuk pembawa virus DBD mulai beraksi.

"Jadi disarankan agar selalu menguras bak air, jangan biarkan ada air tergeng dan air yang ada pada bak mandi. Sebaiknya ditutup," kata dr.Rajab.

Mantan Kepala Puskesmas Caile ini mengungkapkan, beberapa hari lalu, sudah ada pasien yang terindikasi kena penyakit DBD, sehingga mulai saat ini, semua pihak diminta untuk tetap waspada terhadap penyakit DBD ini. (Aso/Jn)