Home » » Besok, 200.000 Peserta Ikuti Jalan Sehat Makassar

Besok, 200.000 Peserta Ikuti Jalan Sehat Makassar

MACCANEWS - Memperingati HUT (Hari Ulang Tahun) ke - 409 Tahun Kota Makassar, Pemerintah kota (Pemkot) Makassar menggelar jalan sehat yang ditargetkan diikuti 200.000 peserta.

Panitia jalan sehat mencetak 101.000 kupon dan telah terjual habis. Peserta ditargetkan berasal dari SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) lingkup Pemkot Makassar, pelajar sekolah, anggota TNI/Polri, dan masyarakat umum. Bahkan ada juga peserta yang berasal dari provinsi Gorontalo.

"Target 200.000 peserta berasal dari pelajar Sekolah Dasar (SD) yang saat jalan sehat diprediksi akan didampingi orang tua atau saudaranya. Target ini bisa juga berasal dari peserta jalan sehat yang mengajak teman atau saudara untuk ikut jalan sehat," kata Ketua Panitia Jalan Sehat, Baso Amiruddin yang juga Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) kota Makassar, Sabtu, 5 November 2016.

Jalan sehat akan berlangsung Minggu, 6 November 2016, dijadwalkan Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto akan melepas peserta jalan sehat di Monumen Mandala jalan Jenderal Sudirman setelah itu peserta akan melewati rute di jalan Dr Sam Ratulangi berbelok ke jalan Haji Bau kemudian ke jalan Penghibur lanjut ke jalan Ujung Pandang lalu berbelok ke jalan Ribura'ne dan finish di lapangan Karebosi jalan Jenderal Ahmad Yani.

Ada sekitar 100 orang panitia yang tersebar di sepanjang jalan Haji Bau untuk memotong kupon peserta yang nantinya akan diundi di tribun lapangan Karebosi yang menjadi titik finish. Total hadiah yang diperbutkan peserta jalan sehat sebesar Rp 475 juta yang terdiri dari hadiah utama berupa 1 unit rumah, 2 unit mobil Toyota Agya E MT, 2 paket umroh, dan 5 unit motor Yamaha N - Max.

Adapun hadiah hiburan berupa 20 unit televisi LED 32", 25 unit lemari es, 20 unit sepeda Polygon, 50 keping emas murni, 100 tabungan BRI senilai Rp 1 juta, 50 handphone, 50 DVD player, dan 150 voucher bimbingan belajar JILC.

Sejumlah hadiah tersebut ada yang berasal dari sponsor penuh, ada juga yang diperoleh dengan harga diskon dari sponsor, dan sebagian lainnya disiapkan oleh panitia pelaksana. "Anggaran yang digunakan Pemkot bukan berasal dari APBD melainkan dari hasil penjualan kupon jalan sehat dan dukungan sponsor yang sifatnya tidak mengikat," terang Ketua Panitia Baso Amiruddin.

Pengumuman pemenang undian jalan sehat akan disampaikan melalui harian Tribun Timur terbitan Senin, 7 November 2016 dan peserta dapat mengklaim hadiahnya dengan membawa potongan kupon undian disertai kartu identitas yang masih berlaku ke kantor BKD Makassar, gedung Balaikota lantai 2, jalan Jenderal Ahmad Yani.

Panitia pelaksana menyediakan waktu 15 hari bagi pemenang untuk mengklaim hadiah jalan sehat. Selain bertabur hadiah, peserta Jalan Sehat HUT 409 kota Makassar juga akan dihibur oleh artis ibu kota Vidi Aldiano dan Judika yang membawakan lagu - lagu hits mereka dari tribun lapangan Karebosi.

Demi alasan keamanan dan kenyamanan panitia pelaksana membatasi jumlah orang yang dapat mengakses tribun lapangan karebosi yang diperuntukkan bagi undangan dan pemegang id card diantaranya panitia, petugas pengamanan, dan pers.

Selain itu, panitia juga membuka tiga pintu akses ke tribun lapangan karebosi, bagi undangan dan panitia melewati pintu kanan tribun, artis masuk melalui pintu sebelah kiri tribun, dan pers masuk melalui pintu barat. Petugas medis juga disiapkan untuk mengantisipasi situasi darurat yang memebutuhkan pelayanan medis.

Wali Kota Makassar, Danny Pomanto menghimbau peserta jalan sehat untuk mengikuti kegiatan dengan tertib dan tetap menjaga perilaku hidup bersih dengan tidak membuang sampah sembarang tempat. (*/yudi/omar)