Home » » Kasat Narkoba Kampanyekan Anti Narkoba di SMA 1 Bulukumba

Kasat Narkoba Kampanyekan Anti Narkoba di SMA 1 Bulukumba

MACCANEWS -- Menyikapi maraknya peredaran narkoba akhir-akhir ini di wilayah hukum Polres Bulukumba, pemerintah bersama Polres Bulukumba terus berupaya melakukan penindakan dan pencegahan melalui sosialisasi.

Seperti Senin (31/10/2016) kemarin, Kasat Narkoba Polres Bulukumba AKP.Idrus mendatangi SMA Negeri 1 Bulukumba sekaligus memberikan penyuluhan hukum terkait soal bahaya penyalahgunaan narkoba.

AKP.Idrus didampingi Kepala SMA Negeri 1 Bulukumba Drs. Muh.Rusli Umar.MPd menyampaikan, menyikapi maraknya kasus penyalahgunaan narkoba yang ditandai banyaknya pelaku yang berhasil ditangkap, sehingga diharapkan narkoba ini tidak menyentuk kalangan pelajar.

"Narkoba saat ini sudah sangat membahayakan dan kita jadikan musuh bersama, untuk itu mari kita jauhi narkoba, jangan pernah mengenal yang namanya narkoba," papar Idrus.

Dipaparkan, setiap pelajar memiliki cita-cita dengan tujuan yang baik dengan cara yang benar serta tidak melanggar peraturan terutama menjauhi narkoba. "Untuk meraih cita-cita kita, saya titip harapan agar menjauhi narkoba, tentunya cita-cita kita sulit tercapai apabila kita terkait dengan narkoba. Makanya jangan coba-coba karena apabila kalian telah mencoba maka satu prestasi dan cita-cita akan punah", pesan Idrus.

Dijelaskan, bagi pelanggar pengguna narkoba shabu-shabu dan sejeninya, diancam  pasal 111 minimal  4 tahun penjara, dan paling lama 15 tahun.

Adapun pada pasal 114 yang berbunyi barang siapa memproduksi mengekspor mengimpor dan menjadi perantara, apabila beratnya 5 gr maka hukuman penjara selama kurang lebih 4-15 tahun dan apabila lebih dari 5gr hukuman penjara selama 5-20 tahun.

Dan penggunaan narkoba tidak hanya menguras harta tetapi dampak bagi kesehatan cukup banyak dan dapat merusak organ-organ vital tubuh. Narkoba sangat berdampak pada kehidupan sosial kita. Oleh karena itu saya minta kita canangkan, SMA Negeri 1 Bulukumba, harus bebas dari narkoba. Raihlah Prestasi tanpa mendekati narkoba. Dan menurutnya Undang-undang yang mengatur tentang Narkoba UU No. 35 Tahun 2009.

Sementara itu kepala SMA Negeri 1 Bulukumba, Muh.Rusli Umar juga menitip harapan kepada seluruh siswa dan siswi SMA 1 Bulukumba, agar betul-betul menjauhi narkoba dengan cara menggiatkan belajar serta berolah raga yang rutin. (aso/mar)