Home » » Legislator Dorong Percepatan Legitimasi APBD Pokok 2017

Legislator Dorong Percepatan Legitimasi APBD Pokok 2017


MACCANEWS - Setelah sekian tahun penetapan APBD Pokok Kabupaten Bulukumba,  selalu tepat waktu, dan tahun anggaran 2017,  pada pemerintahan AM.Sukri A.Sappewali - Tomy Satria Yulianto, juga  diharapkan bisa ditetapkan  tepat waktu.

Fakhdin HDK, anggota DPRD Bulukumba, Jumat (4/11) menyatakan, secara pribadi dia mendorong Pemerintah Kabupaten Bulukumba segera mempersiakan dokumen hasil Musrembang untuk proses pembahasan  APBD pokok 2017.

"  Saya sangat setuju APBD  2017 ditetapkan akhir Nopember ini, jika perlu Bulukumba yang pertama menetapkan APBD pokok 2017 dengan  konsekwensi jika cepat tuntas, maka Bulukumba  akan mendapat penghargaan berupa tambahan anggaran dengan ketentuan mesti dilakukan sesuai dengan kaidah  dan ketentuan hukum yang berlaku," kata Fakhidin.

Sebaliknya, sambung politisi partai PKB ini, jika  penetapan APBD pokok 2017  terlambat, dia kuatir Bulukumba berpeluang kena sanksi. " Jadi perlu kita buat persiapan sesegera mungkin agar bisa mendapatkan reward dari pemerintah pusat," harap Fakhidin.

Selain itu, sesuai perintah aturan segera menyelesaikan APBD pokok  2017, dengan harapan pelaksanaan APBD khusus pada belaja modal serta barang dan jasa, dilaksanajan paling  lambat pasa  awal Pebruari 2017.

Jadi tambah legislator mudah ini, harapan dia pada penggunaan APBD, mengacu pada prinsip dasar yaitu efesiensi, efektifitas dan sasaran nya jelas serta dapat dipertanggung jawabkan.
" Saya himbau kepada Tim Aanggaran Pemerintah Daerah (TAPD) agar memperhatikan asumsi dasar dan nilai nilai perencanaan yang di sampaikan rakyat pada penyusunan hasil musrembang. Kemudian jangan kita terlalu boros belanja,  apalagi pada hal hal yang sifatnya tidak urgent," tandas Fakhidin.

Kemudian dengan hampir rampung pembahasan kelembagaan SKPD,  dia optimis pembahasan APBD pokok 2017 Bulukumba bisa  ditetapkan paling cepat di  Sulsel dan masyarakat  Bulukumba makin  sejahtera terdepan dan makin keren," katanya optimis.

Ditambahkan, dari hasil pembahasam Kelembagaan,  SKPD yang  baru, ada SKPD yang tipenya naik , namun  ada pula yang  turun tipe, sehingga ada yang bergabung menjadi satu SKPD. " Untuk itu, perlu kehati hatian dalam memformat draft RAPBD. Jadi 2017 mendatang saya sarankan belanja modal harus lebih  banyak. Pendampingan dan penyuluh perlu di tingkatkan SDM nya  serta bantuan kepada rakyat untuk menaikkan kesejahteraaannya," kunci Fakhidin. (Aso/omar)