Home » » Pemkab Kepulauan Selayar Peringati Hari Pahlawan

Pemkab Kepulauan Selayar Peringati Hari Pahlawan

MACCANEWS -- Upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2016, tingkat Kabupaten Kepulauan Selayar berlangsung di Lapangan upacara Kantor Bupati Kepulauan Selayar. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Kepulauan Selayar Muh. Basli Ali. Peserta upacara terdiri dari anggota Kodim 1415 Kepulauan Selayar, Polres Kepulauan Selayar, Pol PP dan siswa sekolah SMP dan SLTA.

Hadir Unsur Forkopimda, para Pimpinan SKPD dan para Asisten, sesepuh dan keluarga Veteran dan undangan lainnya.

Dalam upacara tersebut sesepuh dan keluarga veteran mendapatkan santunan dari Bupati Kepulauan Selayar.

Membacakan amanat Menteri Sosial RI, Bupati Kepulauan Selayar mengatakansetiap tanggal 10 November, Bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan, sebagai momen reflektif untuk memberi makna atas pengorbanan para pahlawan kusuma bangsa, dengan menyalakan kepahlawanan dalam perjuangan mengisi kemerdekaan.

Peringatan tersebut kata Basli, didasarkan pada peristiwa"Pertempuran 10 November 1945" di Surabaya, sebagai pertempuranpertama dan terbesar antara pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelahproklamasi kemerdekaan 17 Agustus1945, dengan memakan korban jiwayang sangat besar.

"Peristiwa tersebut memberi kita pelajaran moral bahwa warisan terbaik para pahlawan bangsa bukanlah politikketakutan, melainkan politik harapan. Bahwa seberat apapun tantangan yangdihadapi dan keterbatasan yang ada,tidak akan menyurutkan sernangat perjuangan," kata Basli Ali.

Dikatakan peringatan Hari Pahlawan harus mampu menggali apinya, bukanabunya. Dengan meminjam ungkapan Bung Karno, semangat kepahlawanan itu adalah semangat rela berjuang,berjuang mati-matian dengan penuhidealisme dengan mengutamakan," ungkap Basli.

"Tantangan dan persoalan yang kitahadapi saat ini memang berat. Akantetapi, kita tidak boleh putuspengharapan. Para Pahlawan KusumaBangsa mengajarkan pada kita artipenting perjuangan, ketabahan  dan harapan. Bahwa barangsiapa yangingin memiliki mutiara harus kuatmenahan nafas, dan berani  terjun menyelami samudera yang sedalam-dalarnnya," tandasnya.

Melalui momentum Hari Pahlawan 10 November 2016 yang dilaksanakandengan berbagai kegiatan, Basli Ali berharap, kita dapat mengambil maknayang terkandung didalamnya denganmeneladani nilai-nilai luhur  yang diwariskan kepada kita semua. (Deng/Jn)