Home » » Amankan Lebaran, 15 Ribu Polisi Siaga

Amankan Lebaran, 15 Ribu Polisi Siaga


MACCANEWS--Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo (SYL), Kapolda Sulsel Muktiono, Ketua DPRD Sulsel HM Roem dan Wali Kota Makassar Danny Pomanto menggelar Apel Gelar Pasukan Ramadniya Tahun 2017 di lapangan Karebosi Makassar.

Operasi ini sebagai pengendalian keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), serta stabilitas pangan dan arus lebaran, dimulai hari ini, Senin 19 Juni hingga 4 Juli mendatang.

Di Sulsel, sebanyak 129 pos disiapkan, terdiri dari 89 pos pengamanan, 37 pos pelayanan dan 3 pos gabungan dengan jumlah total petugas yang dilibatkan sebanyak 15.148 personel.

"Kamtibmas Sulsel salah satu yang terbaik.  Ini berkolerasi dengan pertumbuhan ekonomi, termasuk pengendalian bahan pokok. Kondisi ini diciptakan oleh TNI-Polri, para walikota dan bupati," sebut Syahrul.

Ia menambahkan, suasana pengendalian Kamtibmas tahun ini lebih baik. "Suasana pengendalian kali ini jauh lebih baik, tiga sampai sepuluh kali lipat karena dukungan semua stakeholder," kata Syahrul.

Untuk arus lebaran dan transportasi tahun ini mengalami peningkatan. Arus mudik lebih tinggi 38 persen, dibanding tahun lalu. Jumlah penerbangan mencapai 328 traffic. Peningkatan penumpang mencapai 18 persen. Di pelabuhan, lebih banyak yang keluar Sulsel dibandingkan yang datang.

Sementara, Kapolda Sulsel Irjen Pol Muktiono mengatakan, tujuan dari operasi ini guna memberikan rasa aman kepada masyarakat dalam menjelang perayaan Idul Fitri 1438 H."Sasaran Operasi tersebut yakni Tempat ibadah, Tempat hiburan/rekreasi, Terminal, pelabuhan dan bandara, Bank, mall atau pusat perbelanjaan dan pasar tradisional, lokasi rawan kebut-kebutan liar, lokasi rawan street crime dan premanisme,"katanya. (*)