Home » » Tensi Politik Meningkat, Sang Petahana Gaungkan "Politik Sipakalabbi"

Tensi Politik Meningkat, Sang Petahana Gaungkan "Politik Sipakalabbi"

Wali Kota Makassar, Danny Pomanto saat didaulat menjadi tamu kehormatan di mako Yonif 700 jalan Perintis Kemerdekaan, beberapa waktu lalu.
MACCANEWS - Meski tahapan kontestasi Pilwali 2018 Makassar belum bergerak. Namun, tensi politik belakangan ini kian meningkat.

"Olehnya itu saya mau katakan bahwa kalaupun kita berbeda pilihan dan pandangan itu hal lumrah. Ingat, kita punya norma, ada "siri" dimana malu kalau kita berbuat tidak benar. Jadi kalau kita bingung, kembalilah ke norma itu, kedepankanlah kepentingan masyarakat, dan mari berpolitik sipakalabbi," tegas sang Petahana, Danny Pomanto (DP), Jumat 16 Juni 2017.

Secara pribadi, dia mengaku tidak terganggu dengan tudingan, fitnah, dan serangan yang berupaya mendiskreditkannya.

Lanjut Danny, dirinya percaya masyarakat Makassar cerdas sehingga tidak gampang dibodoh- bodohi oleh oknum yang senang menyebar berita bohong demi ambisi kekuasaan. "Kita serahkan saja semuanya kepada Allah," singkat DP.

Sementara, Pengamat Politik dari Universitas Muhammadiyah Makassar, Arqam Azikin, mengemukakan, manuver dan perang Urat Saraf (Psy War) pada proses Pilkada terbuka termasuk Kota Makassar pasti akan dihadapi semua calon wali kota termasuk sasarannya terhadap imcumbent.

"Itu konsekuensi. Makanya, harus siap mental untuk menghadapi, disinilah peran penyelanggara pemilu nanti memberikan edukasi politik yang benar, Dan Kalau itu menyangkut fitnah, maka semua calon punya hak untuk mengklarifikasi," kata dosen senior Universitas Muhammadiyah tersebut.

Menurut Arqam, semua instrumen harus berperan penting dalam mensukseskan pesta demokrasi lima tahunan tersebut. "Dan agar birokrasi berjalan profesional mending Pak DP fokus menjalankan programnya saja sampai memasuki tahapan Pilwali," katanya.

Pada kesempatan lain, Ketua Umum Laskar Anak Lorongna Makassar Abd. Wahab Tahir memandang jika lawan DP sebagai Imcumbent sudah putus asa. Makanya kata legislator golkar ini, satu- satunya jalan yang dilakukan yakni menyebar fitnah.

"Saya sanpaikan kepada semua anggota Anak Lorong, agar hati- hati terhadap fitnah. Karena lawan sudah putus asa maka satu- satunya cara untuk menjatuhkan Pak DP adalah menyebar fitnah," ungkapnya. (omar syarif)