Home » » Selayar Miliki Informasi Terbuka PAD Via Android

Selayar Miliki Informasi Terbuka PAD Via Android

MACCANEWS - Dalam rangka menyediakan data dan informasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang lengkap, akurat dan dapat dengan cepat disajikan, maka di Kabupaten Kepulauan Selayar telah dilaunching Sistem Informasi PAD Berbasis Android. Dengan sistem ini maka penyampaian laporan PAD kepada pimpinan dan instansi terkait akan lebih terstruktur dan efektif. Hal ini juga akan lebih mempermudah mengevaluasi perkembangan PAD di Kabupaten Kepulauan Selayar. Demikian diungkapkan sang reformer Hj. Apriana Susilawati, S.E., M.M., kepada media ini, Selasa (25/7/2017).

"Masalah yang biasa muncul adalah kurangnya SDM dibidang pendapatan sehingga pelayanan dan pelaporan terkadang tidak terstruktur. Itulah sebabnya kita membutuhkan sistem informasi PAD Berbasis Android, dan itu telah kita Launching beberapa waktu lalu," ujar Apriana Susilawati.

Lanjut Apriana bahwa selama ini pungutan daerah yang berupa pajak dan  diatur dengan undang-undang nomor 18 Tahun 1997 tentang pajak daerah dan retribusi daerah sebagaimana telah diubah dengan undang-undang nomor 34 Tahun 2000. Potensi yang ada dari sumber-sumber pendapatan sampai pada saat ini sangat besar kontribusinya untuk membiayai pembangunan-pembangunan di pemerintahan kabupaten/kota.

Meski demikian kata Apriana salah satu faktor kendala yang menyebabkan belum tersedianya data dan informasi pendapatan yang mencerminkan kondisi sebenarnya serta belum dapat disajikan secara cepat, tepat, dan akurat.
"Dengan adanya aplikasi PAD berbasis android maka memperlancar dan mempermudah mengevaluasi capaian target pendapatan daerah terhadap pelaksana pada unit OPD sehingga diperoleh data akurat, aktual dan akuntabel yang tersaji secara real time," ujarnya.

Di tempat yang berbeda, Sekretaris Daerah Kepulauan Selayar Dr. Ir. H. Marjani Sultan, M.Si menuturkan, jika ini berjalan sesuai keinginan, maka akan benar-benar bermanfaat bagi Kepulauan Selayar.

"Sentuhan PAD faktor penentu keberhasilan bagi para pelaksana kegiatan dan para pengambil keputusan mengenai suatu masalah disuatu wilayah untuk menjalankan tugas adalah tersedianya data dan informasi pendapatan yang lengkap, akurat dan dapat dengan cepat disajikan yaitu 'sistem informasi PAD berbasis Android'," ujar Sekretaris Daerah Kepulauan Selayar.

"Dengan adanya proyek perubahan ini tentu saja diharapkan mempermudah dalam penyajian laporan PAD dan meningkatkan peran setiap unit/bagian/dinas yang terkait dengan masalah data/informasi pendapatan," lanjut Marjani Sultan.

Sekadar diketahui bahwa "Sistem Informasi PAD Berbasis Android" ini memiliki tujuan jangka panjang tersedianya sistem pengelolaan data informasi PAD disetiap SKPD pengelola berbasis online. (Daeng)