Home » » Verifikasi Nasional Kabupaten Sehat Sasar Selayar

Verifikasi Nasional Kabupaten Sehat Sasar Selayar

Sekretaris Tim Kabupaten Sehat, Kepulauan Selayar, Muh. Arsyad, SKM, M. Kes berbincang dengan anggota Tim lainnya Andi Agus, S Sos, saat melakukan kunjungan pra Verifikasi Kabupaten Sehat.

MACCANews  - Kegiatan Pra Verifikasi Kabupaten Sehat Kabupaten Kepulauan Selayar masih terus berlanjut.

Hingga hari kedua, mulai Kamis dan Jum'at (28/7/2017) verifikasi dilaksanakan di Kecamatan Benteng, Kecamatan Bontoharu dan Kecamatan Bontosikuyu.

Sama seperti verifikasi satu hari sebelumnya yang dipimpin oleh Sekretaris Forum Kabupaten Sehat Kepulauan Selayar Muh. Arsyad, SKM., M.Kes di dampingi masing-masing Koordinator Kecamatan Sehat dan tim Kabupaten Sehat lainnya.

Sekretaris Forum Kabupaten Sehat, Muh. Arsyad, SKM., M.Kes, mengatakan bahwa, dari enam Kecamatan yang diverikasi, kesiapan untuk diverifikasi oleh tim Kabupaten Sehat Tingkat Nasional sudah mencapai 95 persen. Sisanya, akan memanfaatkan waktu untuk pembenahan sebelum Tim Tingkat Nasional turun.
Verifikasi yang kita laksanakan selama dua hari ini adalah bagian dari evaluasi, sudah sejauh mana persiapan masing-masing Kecamatan sesuai acuan dan pembinaan yang kita berikan sebelumnya," jelas Muh. Arsyad.

Dalam keterangannya semua Kecamatan khususnya dienam Kecamatan daratan dipastikan diikutkan untuk diverifikasi oleh tim Kabupaten Sehat tingkat nasional awal Agustus mendatang.

Menurutnya keenam Kecamatan tersebut sudah saling melengkapi.  "Jadi kesimpulannya untuk dua hari ini lokus kelembagaan sudah tuntas 100 persen kita verifikasi dan hasilnya sudah siap 95 persen. "Kita yakini akan siap 100 persen sebelum tim verifikasi tingkat nasional tiba" imbuhnya.

Kendati demikian pra verifikasi masih dilanjutkan hari senin mendatang untuk melihat lokus pulau sehat, sekolah sehat dan sekolah ramah anak serta puskesmas ramah anak.

Ditambahkan bahwa lokus TPA sampah di Kaburu sebenarnya diharapkan bisa jadi lokus di Verifikasi Nasional nanti, sehingga TPA sampah tersebut masih akan menjadi sasaran pra verifikasi nanti.

Sementara untuk lokus kondisi tatanan lanjut Muh. Arsyad,  juga sudah diverifikasi sekitar 90 persen dan juga diharapkan hingga hari Senin nanti, semuanya tuntas, sebelum Tim Nasional, tiba.

Dalam kesempatan yang sama, Kabag. Humas dan Protokol Hj. Patta Tulen, S. Sos. M.Si yang juga terdaftar dalam anggota Forum Kabupaten Sehat, mengapresiasi kerja keras seluruh tim, baik tim Kabupaten maupun tim tingkat Kecamatan. Sebagaimana selama dua hari ini,  juga ikut serta dalam kegiatan Pra Verifikasi Kabupaten Sehat Nasional.  (DAENG)