Home » » Berstatus Penantang, Cicu Disarankan Jangan 01

Berstatus Penantang, Cicu Disarankan Jangan 01


MACCAnews -  Untuk pertarungan Pilkada sekelas Makassar, yang notabene juga berhadapan dengan Incumbent, Danny Pomanto (DP), Ketua DPC Nasdem Makassar, Andi Rachmatika Dewi, disarankan tidak memposisikan diri sebagai 01.

"Kalau tidak sepadan dengan yang dimiliki incumbent saat ini, sebaiknya Cicu (Andi Rachmatika Dewi, red) ini sebaiknya tidak 01, sebaiknya beliau 02 saja kalau memang akan maju di Pilwali Makassar nanti," ujar Arqam Azikin, analis politik dari Fisipol Unismuh Makasasr, Kamis, 31 Agustus.

Lebih jauh Arqam menjelaskan, dalam setiap suksesi Pilkada, figur termasuk sangat menentukan arah kemenangan, bahwa seperti apa nilai jualnya kepada masyarakat dan apa yang telah dipersiapkan sedari awal.

Menurut Arqam, DP masih terlalu tangguh jika ingin head to head dengan Cicu. Ukurannya, DP sudah membicarakan keberhasilan program, sementara tim lain termasuk CICU masih sibuk menggalang dukungan partai.

"Banyak instrumenlah, termasuk tim pemenangan yang massif, relawan yang terbentuk, parpol dan birokrasi yang mendukung. Pertanyannya apakah yang menjadi penantang incumbent sekarang sudah miliki itu, kalau belum sebaiknya rasional saja," kata Arqam mempertegas.

Arqam melihat, bilamana koalisi Nasdem-Golkar terwujud, maka ada beberapa banyak opsi paket walikota yang terjadi. "Asalkan kader atau pimpinan partai yang ingin maju ini sedikit legowo, maka kemungkinan besar koalisi Golkar dan Nasdem terealisasi," kuncinya. (mar/oy)