Home » » Ramai-ramai ingin jadi Wakil DP, Pengamat: Ini Fenomena Menarik!

Ramai-ramai ingin jadi Wakil DP, Pengamat: Ini Fenomena Menarik!

 MACCAnews - Pengamat politik dari Universitas Hasanuddin, Aswar Hasan, mengatakan dari segi popularitas dan elektabilitas yang dirilis beberapa sumber internal Partai, DP, akronim Danny Pomanto unggul signifikan.

"Makanya justru banyak yang mengincar untuk jadi 02 DP. Ini fenomena menarik secara anomali," kata Dosen ilmu Sosial Politik Unhas tersebut Sabtu, (26/8/2017).

Aswar menambahkan, konstalasi partai di Makassar untuk koalasi masih sangat cair dan dinamis. Sementara di sejumlah Kabupaten/Kota di Sulsel kepala daerah yang berstatus imcumbent di Pilkada justru begitu gamblang mendapat rekomendasi partai.

"Karena notabene kebanyakan imcumbent tersebut adalah kader partai, di Makassar Pak DP ini imcumbent yang bukan pengurus partai politik," ketusnya.

Ia mencontohkan, seperti Jeneponto Iksan Iskandar, Bupati Bone Andi Fashar Padjalangi, Bupati Enrekang Muslimin Bando, dan Walikota Parepare Taufan Pawe. "Mereka itu adalah ketua partai di daerahnya" jelasnya.
Aswar Hasan, Dosen Fisip Universitas Hasanuddin.
Ia pun mengkalkulasi, jika pendamping DP berasal dari kader partai, bisa jadi resisten bagi partai lainnya. "Ini bisa jadi masalah buat imcumbent untuk cari pasangan yang pas dan aman," katanya.

Sehingga, dalam membangun koalisi banyak hal yang harus dinegosiasikan untuk disepakati bersama. "Jadi memang mesti harus hati-hati," pungkasnya.

Sementara, Ketua Bappilu PAN Makassar, Hasanuddin Leo, berujar, sejumlah pernyataan yang menyebut imcumbent merupakan figur lemah adalah asumsi semata. Justru beragam statement yang dialamatkan itu memperlihatkan imcumbent sangat tangguh untuk ditumbangkan.

Menurutnya, masyarakat Makassar adalah pemilih cerdas, tidak mudah terpengaruh dengan asumsi tanpa disertai bukti data yang jelas. "Wajarlah, karena imcumbent memang selalu "Seksi"," pungkasnya. (*)