Home » » Asyik... Rahman Bando Pandu Delegasi Taiwan Berkeliling Pulau

Asyik... Rahman Bando Pandu Delegasi Taiwan Berkeliling Pulau

MACCAnews -  Momen Makassar International Eight Festival 2017 (Festival F8) menuntut seluruh pejabat Pemkot Makassar berperan aktif melayani para tamu regional maupun mancanegara, tak terkecuali Kepala Dinas Kelautan, Perikanan, Pertanian dan Peternakan, Kota Makassar, Abd Rahman Bando.

Mantan kepala kantor ketahanan pangan Makassar tersebut, terlihat cukup sibuk menjadi penunjuk jalan delegasi dari Taiwan, apalagi negara Taiwan sangat tertarik dengan potensi kelautan dan perikanan kota berjuluk Angin Mammiri ini.

"Karena ini leading sektor saya di perikanan dan kelautan. Jadi saya ditugaskan untuk menemai delegasi Taiwan berkeliling pulau dan beberapa titik kawasan nelayan dan penangkapan ikan di Kota Makassar," ujarnya kepada maccanews, di kantor balaikota Makassar, Kamis, (7/9/2017)

Menurut Rahman Bando, usai pemaparan kerja di kantor balaikota Makassar, rombongan dinas kelautan akan menemani delegasi Taiwan, diantaranya Jeffrey S. C Hsiao (Director General Taipei Economic and Trade), Huang Teng Fu (Deputy Direktor General Kaohsiung City Marine), Yin Pin Lin (Deputi Secretary General Kaohsiung City Goverment), dan beberapa lainnya ke pulau samalona.
"Disana kita akan memperlihatkan bagaimana metode pengembangbiakan ikan serta penangkapan ikan dari nelayan kita," akunya.

Lanjutnya, selepas dari Samalona akan bergerser ke beberapa tempat pelelangan ikan di Kota Makassar, kemudian sorenya menuju ke peninjauan kehidupan nelayan di Untia Kecamatan Biringkanaya. "Ini semua untuk menjemput peluang, karena pak wali sudah merespon rencana kerjasama Taiwan," kata Rahman Bando merujuk rencana MoU Makassar-Taiwan dalam berbagai bidang termasuk perikanan dan kelautan.

Sementara, Jeffry, Director General Taipei Economic and Trade, mengatakan, beberapa kota di Taiwan sangat mirip dengan kondisi georafis kota Makassar yang potensi perikanan dan kelautan hampir sama.

"Maka dari itu kita berharap akan ada kerjasama yang kongkrit ke depannya antara Taiwan dan Makassar," ucapnya. (*)