Home » » Pemda dan TNI Bersinergi Sukseskan Program KB Selayar

Pemda dan TNI Bersinergi Sukseskan Program KB Selayar

 MACCAnews - Bupati Kabupaten kepulauan Selayar, Muh. Basli Ali, Canangkan Bakti Sosial (Baksos (Baksos) TNI Manunggal KB Kesehatan Terpadu, tingkat Kabupaten, tahun  2017 yang berlangsung di halaman Markas Kodim (Makodim) 1415 Selayar, Kamis (7/9/17).

Hadir dalam pencanangan Baksos TNI Manunggal KB Kesehatan tersebut antara lain, Wakil Bupati, DR. H. Zainuddin, SH, MH, unsur FKPD, Anggota DPRD, Asisten Setda, Ketua Tim Penggerak (TP) PKK, Andi Dwiyanti Musrifah Basli, Ketua Persit KCK, Ny. Yuwono bersama anggota, Kepala OPD, Camat serta Kades dan Lurah.

Pencanangan Baksos TNI Manunggal KB Kesehatan Terpadu, Kabupaten Kepulauan Selayar dilaksanakan atas kerjasama Kodim 1415 dengan Dinas P3AP2KB, Kepulauan Selayar, yang ditandai dengan pemukulan Gong oleh Bupati Muh. Basli Ali, disaksikan Dandim 1415 kepulauan Selayar, Letkol ARM. Yuwono, S Sos, MM didampingi ketua TP PKK, serta Kadis Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (P3AP2KB), Andi Abdurahman, SE, M Si, serta seluruh undangan.
Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar, Muh. Basli Ali, melakukan pemukulan Gong, didampingi Dandim Letkol ARM. Yuwono, S Sos, MM, Ketua TP PKK Andi Musrifah Basli dan Kadis  P3AP2KB, Andi Abdurrahman, SE, M Si diiringi tepuk tangan undangan.
Kepala Dinas P3AP2KB, Andi Abdurrahman, SE, M Si. Selaku Ketua Panitia dalam laporannya bahwa, selain pencanangan Baksos TNI KB  Kes, langsung melakukan pelayanan kepada 30 akseptor KB, sebagai bagian dari peningkatan partisipasi masyarakat.

Dilaporkan pula bahwa, pelaksanaan Kegiatan Pencanangan KB Kesehatan Terpadu mengambil tema, Melalui Kegiatan KB Kesehatan, Kita Wujudkan Keterpaduan Pelaksanaan Program KB Kesehatan yang di Laksanakan Oleh TNI, Pemerintah dan BKKBN, Guna Meningkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat Di Daerah Wilayah Kodim 1415 Kepulauan Selayar. Kegiatan pencanangan KB, dilaporkan baru kali di selengarakan secara besar besaran, sehingga diharapkan akan berdampak postif dalam pelaksanaannya kedepan.

Sementara itu Dandim 1415, Letkol ARM. Yuwono S.Sos. MM, dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa, wujud kerjasama KB Kesehatan merupakan program lintas sektoral yang dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang membantu terwujudnya tujuan pembangunan nasional dibidang kependudukan.

Upaya pengendalian jumlah penduduk melalui program dua anak cukup, memberikan pemahaman kepada masyarakat arti pentingnya ber KB yang bertujuan agar memudahkan dalam merawat mendidik membina dan membesarkan anak hingga dapat menjadi kader bangsa yang berkualitas.

TNI juga ikut serta dalam program KB harus disertai dengan pemberian kemampuan pada jajaran TNI dilapangan khusunya Para Danramil dan Para Babinsa yang sebelumnya ikut bertanda tangan dalam komitmen bersama Kampung KB,
Diharapkan TNI sebagai ujung tombak dapat membantu mensukseskan program KB, khususnya anggota TNI di Selayar, harus siap membantu bagi masyarakat akseptor KB dan anggota TNI siap menjadi akseptor KB.

Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar juga dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar sangat peduli terhadap program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) yang sejalan dengan visi misi Kabupaten Kepulauan Selayar sebagai mana tertuang dalam RPJMD 2016 – 2021.

Program KKBPK bukan hanya dalam rangka upaya pengendalian laju penduduk, tetapi yang terpenting adalah sebagai persiapan menghadapi bonus demografi yang diperkirakan akan dialami pada Tahun 2020-2030.

Bupati Muh. Basli Ali, sebagai Bupati mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan ini, mengingat TNI Manunggal KB Kesehatan memiliki peran strategis dimana anggota TNI diharapkan menjadi pelopor, motivator, dan dinamisator dalam melaksanakan program kependudukan, KB dan pembangunan keluarga.

Upaya lain Pemerintah Kabupaten kepulauan Selayar, adalah membentuk Kampung KB, di 12 Kampung KB, sebagai salah satu inovasi strategis untuk dapat mengimplementasikan kegiatan prioritas program KKBPK secara utuh dilini lapangan. (daeng)