Home » » Polres Selayar Datangkan Kapal Patroli Laut dari Mabes

Polres Selayar Datangkan Kapal Patroli Laut dari Mabes


MACCANews –  Kapolres Kabupaten Kepulauan Selayar, AKBP. Syamsu Ridwan, S Ik, menyaksikan kedatangan Tiga Kapal Speed Boat, bantuan dari Markas Besar Polri, di Dermaga II, Pelabuhan Rauf Rahman, Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar, Selasa (25/9/17).

Kapolres AKBP. Syamsu Ridwan, S Ik, didampingi Wakapolres, Kompol Syamsuddin Palulu, SH, Kasat Polair Polres, AKP Tombong, Kasat Reskrim Polres, AKP. Edy Purwanto, S Sos serta beberapa Kasat lainnya dan beberapa anggota di Mapolres.

Kedatangan Tiga Unit bantuan Armada Kapal Speedboat tersebut,  diperuntukkan sebagai sarana untuk kegiatan Patroli diwilayah perairan Kepulauan Selayar, untuk menekan terjadinya kegiatan pelanggaran Ilegal Fishing.
Kapoltes Kabupaten Kepulauan Selayar, AKBP Syamsu Ridwan, S Ik, didampingi Wakapolres, Kompol Syamsuddin. P, SH, Kasat Reskrim, AKP. Edy Purwanto, mendengarkan penjelasan dari Kasat Polair Polres, AKP Tombong, sebelum kapal diterima.   
Hal ini disampaikan Kapolres, AKBP Syamsu Ridwan, kepada beberapa Media, seusai menerima kedatangan tiga armada tersebut.

Untuk pengembangan kemaritiman diwilayah perairan Kabupaten Kepulauan Selayar, sebagaimana amanah yang diberikan pimpinannya yakni menekan serendah mungkin kegiatan pelanggaran Ilegal Fishing yang terjadi di wilayah Hukum Polres kepulauan Selayar.

Dikatakan bahwa memimpin Polres Kepulauan Selayar, sebagaimana perintah yang diterima, bahwa sesuai Visi dan Misi Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar, yakni akan mengembangkan disektor Pariwisata, Kelautan dan Perikanan.

Disampaikan pula bahwa pengamanan Ilegal Fishing, Taman Nasional Taka Bonerate menjadi prioritas utama termasuk Spot Spot wisata lainnya yang tersebar di Kepulauan Selayar.

Olehnya itu dihimbau kepada masyarakat, kiranya memanfaatkan potensi laut Selayar, dengan bijaksana dan jangan merusak ekosistim atau terumbu karang yang ada.

Kapolres tidak melarang mengambil ikan tapi jangan rusak rumahnya dengan cara yang ramah lingkungan. 
Kapolres AKBP Syamsu Ridwan, juga sampaikan bahwa ketiga Kapal Speed Boat tersebut otomatis Polres akan meningkatkan kegiatan Patroli, ungkapnya.

Sementara itu sesuai siaran Pers Humas Polres bahwa ketiga Kapal Speed Boat tersebut dengan Tipe C 3,  memiliki Spesifikasi tersendiri dengan bahan Fiberglass campuran besi.

Spesifikasi fisik  lainnya, Berdimensi, Panjang, 5 – 10 Meter dan Lebar, 2,8 – 4 Meter serta Kedalaman 1,4 M.  Dalam Kecepatan Penuh mampu mencapai, 30 – 35 Knot perjam atau dalam Kecepatan Operasi antara  24 – 30 Knot perjam serta Kecepatan Jelajah,  antara 15 sampai 20 Knot.

Kapal tersebut dengan Jenis Mesin Induk / Bantu Diesel Engine, Jumlah Mesin Induk, 2 Unit.

Dengan spesifikasi tersebut kapal patroli ini bisa digunakan untuk berpatroli di Perairan dangkal maupun laut lepas dengan kecepatan 35 Knot. (Daeng)