Home » » Selayar Tercepat ke-Tiga di Sulsel Pengesahan APBD Perubahan 2017

Selayar Tercepat ke-Tiga di Sulsel Pengesahan APBD Perubahan 2017


MACCANews – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Selayar, kembali melaksanakan Rapat Paripurna DPRD, tentang Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD – P) menjadi Peraturan Daerah, Tahun Anggaran 2017, telah disahkan.

Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Kepulauan Selayar dilaksanakan di Ruang sidang utama, lantai II, Gedung DPRD Kabupaten Kepulauan Selayar. Jumat malam (23/9/2017).

Turut hadir selain Bupati, Muh. Basli Ali, Sekda, DR. Ir. H. Marjani Sultan, M Si, Kajari, Cumundo Trisno, SH, Dandim 1415, Letkol ARM Yuwono, S Sos, MM, Wakapolres Kompol Syamsuddin, P, Pejabat  Ahli Bupati dan Asisten, Pimpinan OPD Lingkup Pemkab, Camat dan Lurah, Kepala Desa, Ketua BPD, serta Tokoh Masyarakat dan Pimpinan Ormas.
Sekda Kabupaten Kepulauan Selayar, DR. Ir. H. Marjani Sultan, M Si, disela sela acara Rapat Paripurna DPRD tentang Pengesahan  APBD Perubahan menyampaikan kepada Media bahwa, Pengesahan APBD Perubahan Kabupaten Kepulauan Selayar, adalah Daerah Ketiga di Sulsel, mengesahkan APBD Perubahannya. "Ini adalah sebuah keberhasilan," katanya.

Rapat Paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Selayar, Mappatunru, S Pd, didampingi Wakil Ketua I dan II DPRD, Andi Mahmud, ST dan Muh. Aris Ridwan, SE.

Pimpinan Sidang, Ketua DPRD, Mappatunru, S Pd, sesaat sebelum membuka sidang menyampaikan pengantar pembuka dengan menyebutkan bahwa Rapat Paripurna DPRD, dihadiri 19 anggota DPRD dari 25 anggota DPRD yang ada, sehingga rapat paripurna dinyatakan kuorum.

Dalam rapat paripurna, pandangan akhir Fraksi fraksi di DPRD Kabupaten Kepulauan Selayar yang dibacakan oleh Sekretaris Dewan, Nur Ali, SH,  sekaligus menyampaikan kesimpulan para Anggota Dewan dan menyetujui rancangan Ranperda  APBD Perubahan Kabupaten Kepulauan Selayar, tahun anggaran 2017 disahkan menjadi Peraturan Daerah.
Bupati Kepulauan Selayar, Muh. Basli Ali, dalam pidatonya mengucapkan terimakasih kepada para anggota Dewan yang telah melakukan pembahasan dan telah merekomendasikan pengesahan anggaran perubahan tahun anggaran 2017 yang dimaksudkan untuk membiayai tugas tugas pokok, seperti Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan.

Selanjutnya Bupati, Muh. Basli Ali, menyampaikan garis besar perubahan belanja anggaran daerah tahun 2017, mulai dari Pendapatan setelah perubahan menjadi 904 M lebih, bertambah 44 M lebih 860 M lebih sebelum perubahan. Sementara untuk Belanja, menjadi 960 M lebih  setelah perubahan, bertambah 40 M lebih dari 920 M lebih sebelum Perubahan.

Selain itu untuk Pembiayaan Daerah terjadi penurunan dari 60 M sebelum perubahan menjadi 56 M setelah perubahan, berkurang sebesar 4 M untuk menutupi, devisit anggaran, berlaku setelah di tetapkan, 22/9/17. Juga telah disesuaikan dengan sejumlah peraturan saat ini yang berlaku dalam pengelolaan keuangan negara.

Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar, Muh Basli Ali, dalam sambutannya menekankan dihadapan Anggota DPRD, agar tim anggaran pemerintah daerah lebih selektif dalam menyusun rancangan anggaran dan belanja SKPD sehingga dapat mengoptimalkan tujuan kegiatan.

Selanjutnya berharap agar penetapan anggaran perubahan APBD TA 2017 ini dapat dijadikan payung hukum menjalankan pemerintahan dalam memberi pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Kepulauan Selayar. (Daeng)